• Kamis, 1 Desember 2022

Ratusan Petani Jambi Unjuk Rasa di Gedung DPRD Tuntut Reformasi Agraria

- Selasa, 27 September 2022 | 23:21 WIB
Aksi Petani Jambi unjuk rasa di depan gedung DPRD Provinsi Jambi (Apryaldo/Orbid.id)
Aksi Petani Jambi unjuk rasa di depan gedung DPRD Provinsi Jambi (Apryaldo/Orbid.id)

Orbid.id - Ratusan petani yang tergabung dalam Gerakan Suara Tuntutan Rakyat (Gestur) Jambi menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa (27/9/2022).

Dodi, salah satu Koordinator Lapangan aksi menyampaikan, mereka mendesak pemerintah agar memenuhi hak-hak para petani yang masih belum tersampaikan hingga saat ini.

“Sebagai petani, maka hari ini kami menyuarakan itu supaya pemerintah mendengar bagaimana tuntutan para petani khususnya,” kata Dodi.

Ia mengklaim aksi ujuk rasa hari ini dihadiri sekitar ratusan orang dari berbagai wilayah. “Ada kawan-kawan dari Batanghari, Tebo dan ada berbagai wilayah lainnya,” kata dia.

Baca Juga: 15 Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Jambi yang Baru Resmi Dilantik, Berikut Rincian Nama Lengkap dan Jabatan

Adapun tuntutan yang diusung dalam aksi tersebut adalah mendesak reforma agraria. Dalam kaitan dengan itu, para petani mendesak pemerintah untuk membagikan tanah ke petani. Dengan demikian, tidak ada lagi petani yang tidak memiliki tanah.

Dodi menjelaskan, para buruh turut mendukung perjuangan petani dalam mewujudkan reforma agraria. Ia mendesak pemerintah mengembalikan tanah rakyat yang diambil dan dikuasai oleh korporasi.

“Kami meminta agar tidak ada kriminalisasi terhadap petani saat berjuang mewujudkan reforma agraria,” ujarnya.

Selain itu, Dodi menilai kriminalisasi terhadap petani mesti dihentikan. Sebab, mereka menyuarakan keresahan yang dialami petani selama ini, yakni susahnya mewujudkan reforma agraria.

Baca Juga: Paket Meledak, Satu Anggota Polisi Dilarikan ke Rumah Sakit

Halaman:

Editor: Maskun Sopwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejurprov PSTI Jambi ke VI 2022 Resmi Dibuka

Jumat, 25 November 2022 | 17:48 WIB

4 Bangunan Kolonial di Kota Jambi

Selasa, 22 November 2022 | 20:18 WIB
X