• Rabu, 28 September 2022

8 Tips Skincare bagi Pemula

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:36 WIB
Ilustrasi berbagai skincare sebagai alat kecantikan (pinterest)
Ilustrasi berbagai skincare sebagai alat kecantikan (pinterest)

 

Orbid.id - Beberapa tahun terakhir perkembangan dunia kecantikan semakin berkembang. Produk-produk kesehatan dan kecantikan mulai banyak diproduksi memiliki pangsa pasar yang besar.


Zaman sekarang, tidak hanya ibu-ibu saja yang memiliki perawatan kecantikan bahkan remaja wanita, wanita dewasa hingga pria pun mulai memperhatikan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Sehingga, produk-produk kecantikan pun banyak diproduksi yang diperuntukkan untuk para remaja.


Memang penting menjaga dan merawat kesehatan wajah dan tubuh sedari dini. Namun tetap harus memperhatikan kandungan produk yang aman bagi kulit remaja terutama apabila kamu merupakan seorang pemula.


Ayo perhatikan tips memilih skincare bagi pemula dengan cara sebagai berikut:
1.    Jangan terlalu mengikuti trend
Semakin banyaknya produk keluaran terbaru, banyaknya iklan ysng ditampilkan di TV ataupun diiklankan oleh influencer kecantikan membuat kita tergoda untuk mencobanya juga.

Untuk mencoba hal baru, kita harus mengetahui kandungan dari produk tersebut apakah sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kita. Karena jika kita terlalu banyak mencoba berbagai produk yang ditakutkan tidak sesuai dengan kulit kita, bukannya sehat namun malah kulit kita menjadi break out. Popularitas suatu produk tidak menjamin kecocokan dengan jenis kulit kita.
2.    Mengetahui jenis kulit
Sebelum membeli produk skincare, kita harus tahu apa jenis kulit kita.
Ada beberapa jenis kulit berbeda, yaitu jenis kulit normal, jenis kulit berminyak, jenis kulit kering, atauoun jenis kulit kombinasi (berminyak dan kering), dan jenis kulit sensitif. Jangan lupa untuk memperhatikan masalah kulit yang ada diwajah, misalnya berjerawat, komedo, beruntusan, atau kerutan.

Sehingga harus mencari produk yang dapat membantu permasalahan kulit kita ya gurls!
Berikut beberapa bahan yang diperuntukkan sesuai dengan jenis kulit, dilansir dari RealSimple.


•    Kulit berminyak: kamu bisa memilih komposisi asam alfa hidroksi, benzoil peroksida, dan asam hialuronat yang mampu mengurangi sebum pada permukaan kulit wajah.
•    Kulit kering: belilah produk yang memiliki komposisi seperti shea butter dan asam laktat untuk menghidrasi kulit wajah dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.
•    Kulit sensitif: bisa menggunakan skincare yang memiliki komposisi shea butter, oat meal dan aloe vera yang lembut dikulit dan berfungsi sebagai pelembab diwajah.
•    Kulit kombinasi: komposisi yang baik untuk kulit kombinasi yaitu niacinamide, hyaluronic acid, aloe vera, dan salysilic acid, yang mampu melembabkan kulit dan menjaga minyak berlebih pada kulit.


3.    Perhatikan alergi pada kulit
Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti timbulnya jerawat atau beruntusan pada wajah setelah memakai suatu produk skincare. Kita harus mengetahui apakah kulit kita memiliki alergi pada suatu komposisi.

Diperlukan tes sebelum kita membeli produk tersebut, dengan cara melakukan tes uji tempel yang biasanya disediakan pada toko skincare. Caranya adalah dengan menggosokkan produk pada kulit tangan dan lihat reaksi yang terjadi.
 
Hal ini berguna untuk mengetahui apakah komposisi dari produk tersebut membuat kulit kita mengalamo iritasi, alergi atau menyumbat pori-pori.


4.    Memperhatikan budget skincare
Kebutuhan skincare dan kebutuhan lainnya harus diseimbangkan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli produk yang mahal atau yang sedang trend di media.
Yang harus selalu kita ingat adalah, membeli produk sesuai kebutuhan dan juga sesuai kemampuan.

Sehingga kamu harus mencari dan mengetahui kebutuhan skincare kamu yang sesuai dan mendukung kebutuhan kulit dan juga kebutuhan dompet ya.


5.    Berkonsultasi dengan dokter ahli
Biar kamu gak bingung dengan kondisi kulit kamu dan kamu bisa mengetahui pemakaian skincare serta penanganan yang tepat, sangat bagus bila langsung bertanya kepada ahlinya.

Jika kamu memiliki permasalahan wajah yang spesifik dari awal dan tidak tahu bagaimana mana mengatasinya, maka berkonsultasi dengan dokter ahli adalah jawabannya. Karena dokter dapat mendiagnosis permasalahan kulit kamu.

Halaman:

Editor: Kurniati.

Tags

Terkini

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Sebuah Hobi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:56 WIB

8 Tips Skincare bagi Pemula

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:36 WIB

Diet Sehat bersama Ubi Ungu

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:46 WIB

Mengenal Pop Culture di Jambi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:10 WIB
X