• Rabu, 28 September 2022

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Sebuah Hobi

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:56 WIB
Ilustrasi hobi (Sumber: freepik)
Ilustrasi hobi (Sumber: freepik)

 

Orbid.id - Rutinitas padat yang kamu jalani setiap harinya, baik itu sekolah, kuliah, kerja ataupun kegiatan lainnnya ternyata memakan waktu yang sangat banyak . Sehingga terkadang kamu merasa butuh waktu sendiri dan menikmati hobi, namun kamu juga bingung karena kamu tidak mempunyai hobi yang signifikan.
Jangan bingung, ya! Beberapa cara dibawah ini dapat membantu kamu menemukan hobi yang kamu sukai dan bisa kamu lakukan untuk menikmati waktu luang.
1.    Mengetahui hal yang paling ingin kamu lakukan
Selama ini kamu pasti memiliki keinginan untuk mencoba dan melakukan suatu hal, namun belum bisa terlaksana. Kamu bisa kembali mengingat-ingat apa saja yang ingin kamu lakukan, dan menuliskannya dalam bentuk to do list.

Setelah itu, kamu bisa mencari tahu tentang hal yang ingin kamu lakukan, baik melalui buku ataupun internet. Misalnya kamu ingin mencoba merajut, kamu bisa mencari tahu tentang bahan-bahan yang diperlukan untuk merajut dan juga tentang bagaimana cara untuk memulai awal rajutan.

Jika kamu memiliki kenalan ataupun seseorang yang ahli pada bidang yang kamu minati, kamu bisa belajar langsung dan menanyakan hal-hal yang ingin kamu ketahui.


2.    Sesuaikan Hobi dengan Budget
Melakukan hobi yang dimaksudkan untuk mengisi waktu luang, jangan sampai membuat kantong kamu kering, ya.
Meskipun hobi kamu mengharuskan kamu mengeluarkan uang untuk awalnya, usahakan hal tersebut tidak menjadi beban untuk kamu. Sesuaikan dengan kebutuhan pokok kamu yang lainnya.

Karena hobi yang kamu punya, kamu bisa menghasilkan uang dari apa yang kamu gemari.


3.    Ingat Kembali Masa Kecil
Pada saat masih kecil, kamu belum memiliki kesibukan yang pada seperti sekarang. Apa yang dulu sering kamu lalukan pada saat kecil dan itu menyenangkan bagimu.

Hal itu bisa saja kamu lakukan kembali pada dewasa ini. Misalnya kamu gemar menggambar, kamu bisa memulai dengan hal tersebut. Memulai menggambar hal-hal yang ada disekeliling kamu, misalnya. Ataupun imajinasi yang ada di kepalamu, bisa kamu tuangkan dalam gambar.


4.    Cari Tahu Apa Kelebihanmu
Ingat kembali bidang apa yang kamu kuasai sehingga kamu lebih menonjol dari teman-temanmu, baik pada masa dulu ataupun pada saat ini.

Misalnya, kamu memiliki kemampuan dalam bidang menulis atau literasi. Kamu pandai dalam merangkai kata, merancang skenario cerita, kamu bisa mencoba untuk memulai menulis. Bisa dimulai dari menulis keseharianmu, cerpen, bahkan kamu bisa mencoba menulis novel.

Untuk mengasah kemampuan, kamu bisa dengan banyak membaca buku, mengikuti kelas-kelas pelatihan penulis, dan mencoba menulis banyak hal. Tak hanya sebatas pengisi waktu luang, hobimu tentunya bisa menjadi kesempatan buatmu dalam mengasah kemampuan yang kamu miliki.


5.    Sesuaikan dengan Waktu Luangmu
Jangan sampai hobi ini mengganggu pekerjaan utamamu ataupun hal yang menjadi prioritas kegiatan kamu. Lakukan hobi pada saat-saat tertentu saja, misalnya ketika kamu memiliki waktu luang di akhir pekan.


6.    Jangan Terbebani oleh Hobi
Hobi yang kamu lakukan adalah salah satu cara untuk meredakan stres dari kerjaan ataupun tugas sekolah. Jangan sampai hobi yang kamu lakukan malah membuat kamu merasa terbebani dan memperburuk mood harianmu.
Kalau hobi yang kamu punya malah membebani kamu, baik itu dari segi pikiran ataupun biaya, sebaiknya kamu tinggalkan dan mencari hobi lainnya yang lebih santai.


7.    Ikut Hobi Teman
Ikut-ikutan tak selalu memiliki makna buruk, kamu bisa mengikuti hobi dari teman-teman sepergaulanmu. Silahkan mengikuti hobi yang sekiranya kamu nyaman dalam melakukannya.
Dengan melakukan hobi yang sama dengan teman, kamu bisa mempererat hubungan pertemanan dan sosialmu.


8.    Coba Semua, lalu Pilih Satu
Mungkin ini terlihat sangat melelahkan. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba berbagai hal yang ingin kamu lakukan.
Dimulai dari memasak, menulis, melukis, bernyanyi, traveling, berkebun, dan masih banyak lainnya.

Halaman:

Editor: Rahma Yuniarsih

Tags

Terkini

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Sebuah Hobi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:56 WIB

8 Tips Skincare bagi Pemula

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:36 WIB

Diet Sehat bersama Ubi Ungu

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:46 WIB

Mengenal Pop Culture di Jambi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:10 WIB
X