• Rabu, 28 September 2022

Memperingati Hari Kucing Sedunia dan Fakta-fakta Unik tentang Kucing, Cat Lovers Wajib Tahu!

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 01:24 WIB
8 Agustus dijadikan sebagai Hari Kucing Internasional (Bicara Berita)
8 Agustus dijadikan sebagai Hari Kucing Internasional (Bicara Berita)

 

Orbid.id - Pada tanggal 8 Agustus 2022 ini bertepatan dengan hari kucing sedunia. Setiap tahunnya diseluruh dunia merayakan hari kucing pada tanggal 8 Agustus.
Mamalia berbulu kecil ini sudah menjadi hewan peliharaan sejak zaman kuno. Pada masa dulu, orang Mesir Kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan hewan pengerat seperti tikus dari lumbung penyimpanan hasil panen.
Kucing sebagai hewan karnivora mampu berburu dan membunuh hewan, seperti kelinci, burung, katak, kadal, ikan dan serangga. Untuk mendapatkan makanannya, kucing memiliki kemampuan berburu lebih dari 1.000 spesies hewan.
Masyarakat modern pun kini banyak yang mulai memelihara kucing, karena kucing dianggap bisa meredakan stres ataupun mengurangi ketegangan sehabis melakukan pekerjaan dengan tingkahnya yang menggemaskan.
Beberapa jenis kucing yang menjadi hewan peliharaan oleh cat lovers, diantaranya ada kucing domestik, dan kucing ras. Contoh dari kucing ras ini seperti anggora, siam, persia, manx, sphynx, bengal, dan mainecoon.
Hewan yang memiliki reputasi penyendiri ini memiliki fakta unik dan menarik, lho! Kira-kira apa saja fakta-fakta tersebut? Simak ulasannya dibawah ini, ya.
Fakta Unik Dan Menarik Tentang Kucing
1. Tidak bisa merasakan manis
Ternyata kucing merupakan hewan mamalia uang tidak bisa mengenalo rasa manis. Mesikpun setiap mamalia memiliki gen yang bisa merasakan manis.
Biasanya, diujung lidah mamalia memiliki reseptor diujung sel perasa bernama T1R2 dan T1R3 untuk merasakan manis. Namun, sel perasa tersebut tidak berfungsi dengan baik pada kucing.
2. Menghabiskan 70% Hidupnya Untuk Tidur
Kenapa kucing menghabiskan 70% hidupnya untuk tidur? Karena sebagai hewan predator yang memburu mangsanya, ia membutuhkan tenaga lebih untuk berburu. Tidur menjadi salah satu cara kucing untuk menyimpan energinya.
Kucing bisa menghabiskan waktu selama 15-20 jam per hari untuk tidur. Maka tak jarang bila ia disebut sebagai hewan pemalas.
3. Memiliki Gen 95,6% Sama Dengan Harimau. Kucing yang senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsanya ternyata memiliki 95,6,% dengan harimau. Hal tersebut membuat perilaku kucing mirip dengan harimau.
4. Dapat Berlari dengan Sangat Cepat
Kucing memiliki kemampuan untuk berlari dengan cepat, yang berfungsi dalam memburu hewan dan juga melindungi diri dari berbagai ancaman berbahaya yang akan menimpa dirinya.
Kucing diyakini dapat berlari dengan 30mph, lho. Kecepatan ini setara dengan mengendarai sepeda motor dalam kecepatan sedang.
5. Kucing Tertua di Dunia Hidup Selama 38 Tahun
Seekor kucing di Austin, Texas, Amerika Serikat dinobatkan sebagai kucing tertua didunia dengan umur 38 tahun lebih 3 hari. Kucing bernama Creme Puff ini tercatat dalam Guinness World Of Records, ia hidup sejak tahun 1967 sampai 2005.
Rata-rata umur kucing berada diantara 12-15 tahun. Oleh karena itu Creme Puff menjadi kucing tertua. Rahasia umur panjang dari Creme Puff adalah mengonsumsi daging asap, telur, asparagus, dan brokoli.
6. Telinga Kucing Mampu berputar 180°
Kucing memiliki 32 jaringan otot yang dapat mengendalikan telinganya. Dengan otot sebanyak itu, kucing mampu menggrtakkan telinganya tanpa menoleh ke arah sumber suara.
7. Dapat Merasakan Emosi Manusia
Tenyata kucing dewasa dapat merasakan emosi manusia terutama pemiliknya, lho. Perasaan seperti sedih, marah, ataupun senang, kucing dapat merasakannya.
Maka sering sekali kucing menghampiri pemiliknya ketika merasakan sedih, yang dimaksudkan untuk menghibur. Kucing pun mampu menjadi bodyguard untuk melindungi kamu.
8. Memiliki Kemampuan Night Vision
Kucing mampu melihat dalam keadaan kurang cahaya, karena ia memiliki kemampuan spesial yaitu, Night Vision. Kucing memiliki organ bernama Tapeum lucidum yang dapat memantulkan cahaya untuk membantunya memperoleh penglihatan dalam kondisi kurang cahaya.
9. Kumis sebagai Alat Navigasi
Alat navigasi yang mampu membantu kucing di area gelap ataupun kurang cahaya, bahkan dalam keadaan yang cukup gelap dan sempit pun ia mampu menangkap mangsanya adalah kumis.
Kumis kucing sebagai sensor untuk manuver. Karena kucing memiliki penglihatan yang kurang baik pada siang hari, maka kumis tersebut daoat digunakan untuk mengukur jarak atau gerakan di siang hari. Untuk itu, kumis kucing tidak boleh dipotong ataupun dicabut.
10. Kucing Bisa Berkeringat
Sama seperti manusia, kucing juga mampu berkeringat. Kucing memiliki kelenjar keringat dibagian bawah bantalan kakinya. Hal tersebut yang membuat kucing mengeluarkan keringat melalui cakarnya saja. Kalian dapat memperhatikan cakar pada telapak kaki kucing yang basah akan keringat saat suhu udara sedang panas.
11. Menjilat Tubuh untuk Menghilangkan Kotoran dan Parasit
Kucing sering menjilati tubuhnya bukan tanpa alasan, ini dilakukan kucing untuk menghilangkan kotoran dan parasit yang ada pada tubuhnya. Selain itu, menjilat tubuh juga dapat membantu kucing menghilangkan sel kulit mati.
Kecerdasan kucing untuk menjilati tubuhnya suda ditutunkan dari generasi ke generasi melalui evolusi.
12. Suara Dengkuran untuk Menghilangkan Stres dan Memperkuat Tulang
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengkuran kucing berada dalam frekuensi yang konstan, yakni 25 dan 150 hz. Suara dengkuran tersebut dipercaya dapat membantunya menghilangkan stres dan memperkuat tulang manusia. Jadi, ketika kucing sedang mendengkur, jangan diberhentikan ya.
13. Budi Daya Kucing Terjadi Sekitar 9.000 Tahun Lalu
Budi Daya kucing telah terjadi sejak 9.000 tahun lalu. Gen kucing terus mengalami perubahan dari kucing liat hutan menjadi kucing rumahan dengan fisik yang lebih kecil selama ribuan tahun lalu. Menurut National Geographic, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa sekitar 4.400 tahun sebelum masehi, nenek moyang kucing modern telah menyebar dsri Asia Barat Daya kedataran Eropa.
14. Hewan yang Mandiri
Tak jarang kita melihat bahwa kucing suka menyendiri. Hal ini dikarenakan kecerdasan kucing dalam mempertahankan hidup secara mandiri di alam liar. Kecerdasan ini dapat membantunya bertahan hidup, berjuang, berburu, dan menikmati hidupnya.
15. Memiliki Keseimbangan Tubuh yang Baik
Kelebihan kucing yang lainnya adalah mengontrol keseimbangan tubuhnya. Kucing memiliki tulang punggung fleksibel yang didukung kecerdasan sangat tinggi. Kucing memiliki otak yang dapat bekerja secara cepat dan tanggap untuk menyeimbangkan tubuh di tempat ketinggian.
16. Memiliki 300 juta Korteks Serebral
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kucing memiliki 300 juta korteks serebral pada otaknya. Jumlah tersebut setara dengan jumlah korteks yang dimiliki anjing dan hewan lainnya.
Bagian pada otak mamalia yang berfungsi mengatur tindakan dan rasionalitas menanggapi kejadian dilingkungan sekitar disebut korteks selebral. Pada kucing, 300 juta korteks serebral ini dapat menjadi tempat penyimpanan memori jangka pendek maupun panjang.


Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai mamalia berbulu menggemaskan tersebut. Setiap hewan memiliki keunikannya masing-masing. Untuk itu, kita perlu mengenal sedikit lebih jauh mengenai hewan peliharaan ataupun hewan disekitar kita. (Cut Aziza Dewi)

   

Editor: Rahma Yuniarsih

Tags

Terkini

X