• Rabu, 28 September 2022

Peran Perempuan Adat dalam Kesetaraan Gender

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:36 WIB
Para Perempuan Adat (PHKom Montong Baan) Sedang Bercocok Tanam di Wilayah Masyarakat Adat (PHKom Montong Baan)
Para Perempuan Adat (PHKom Montong Baan) Sedang Bercocok Tanam di Wilayah Masyarakat Adat (PHKom Montong Baan)

 

Orbid.id - Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) dirayakan setiap tanggal 9 Agustus. Penetapan HIMAS ini berdasarkan sidang umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada tahun 1994.
Perayaan ini disambut diberbagai dunia, termasuk Indonesia.
Pada perayaan tahun 2022 ini, tema pada peringatan HIMAS adalah “The Role of Indigenous Women in the Preservation and Tramission of Traditional Knowledge”. Peran Perempuan Adat menjadi penting bahkan dunia internasional memberikan penegasan mengenai kesetaraan gender, keterlibatan perempuan dan laki-laki dalam pengambilan kebijakan.
Pada praktiknya, Perempuan Adat mampu untuk bekerja berdasarkan pengetahuan yang diberikan secara turun-temurun. Perempuan Adat mampu dalam mengelola sumber daya alam yang berfungsi sebagai sumber mata pencaharian, merawat lingkungan, hutan, pertanian untuk menjaga ketahanan hidup Masyarakat Adat atas wilayah adatnya.
Namun sangat disayangkan, bahwa peran Perempuan Adat masih diremehkankan bahkan cenderung diabaikan dan di diskriminasi.
Kebanyakan perempuan juga tidak memiliki hak mereka untuk menentukan nasib sendiri dan mengontrol sumber daya dan tanah leluhur karena telah dilanggar selama berabad-abad.
Untuk itu, tema tahun 2022 ini dapat dijadikan sebagai refleksi bagi pemerintah agar dapat mengambil kebijakan untuk melindungi, menghormati, dan memenuhi hak-hak Masyarakat Adat.
Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mengajak seluruh masyarakat adat nusantara mempersiapkan diri menyambut penyelenggaraan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-enam (KMAN VI) yang akan diadakan pada 24-30 Oktober mendatang dan turut berpartisipasi dalam KMAN VI.
Momentum tersebut dapat menjadi wadah Gerakan Masyarakat Adat Nusantara dalam mewujudkan Masyarakat Adat dan bangsa Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya.
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Adat Internasional ini, lho!
Beberapa diantaranya yaitu:
•    Turut serta dalam melestarikan kebudayaan dengan mempelajari segala bentuk kebudayaan bangsa.
•    Mengenalkan kebudayaan daerah masing-masing ataupun daerah lainnya kepada generasi muda agar dapat tetap melestarikan budaya tersebut.
•    Memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan budaya.
•    Melakukan atau mengikuti pelatihan dan pendidikan mengenai budaya.
•    Mengadakan penyelenggaraan pentas-pentas seni untuk masyarakat.
•    Menggunakan baju adat dalam beberapa kegiatan kedaerahan.
Dengan memperingati Hari Adat Internasional, diharapkan adat dan kebudayaan yang ada tetap terjaga serta hak-hak masyarakat adat terpenuhi. (Cut Aziza Dewi)

Editor: Rahma Yuniarsih

Tags

Terkini

X