• Kamis, 1 Desember 2022

Hukum Bayar Zakat Menggunakan Uang

- Minggu, 1 Mei 2022 | 10:21 WIB
Zakat fitrah berapa kg dan rp
Zakat fitrah berapa kg dan rp

(Oleh : Mahasantri Ma'had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi, peserta Beasiswa Cendikia Baznas RI) Orbid.id  - Membayar zakat merupakan salah satu kewajiban dalam Islam. Ada berbagai macam zakat, seperti zakat mal alias zakat harta hingga zakat fitrah yang harus ditunaikan saat bulan Ramadan. Pengertian zakat sendiri berasal dari bahasa arab, yakni zaka yang artinya bersih, suci, subur, berkembang. Dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), zakat artinya bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Lantas apa hukum membayar zakat dengan uang?
  • Menurut 4 Madzhab Dikutip dari buku fiqih islam wa adillatuhu karya prof DR Wahbah Az-Zuhaili, menurut Hanafiyyah, membayar zakat fitrah dengan harganya atau uang dibolehkan. Sebab, yang wajib adalah mencukupkan orang faqir miskin dari meminta minta salah satunya dengan memberikan uang. Kemudian Malikiyyah berpendapat bahwa zakat fitrah wajib dibayar dengan makanan pokok yang mayoritas di konsumsi di suatu negeri. Lalu, menurut Syafi'iyyah zakat fitrah diambil dari mayoritas makanan pokok terbaik untuk berzakat.Terakhir, Hanabilah menetapkan zakat fitrah harus dikeluarkan dalam bentuk gandum, kurma, anggur, dan keju. Makanan ini bisa diganti dengan makanan pokok yang lain seperti biji bijian dan buah.
  • Hukum di Indonesia Pemerintah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menetapkan ukuran zakat fitrrah menggunakan beras seberat 2,5 kg atau 3,5 liter perjiwa. Pelunasan zakat ini juga diperbolehkan dengan membayar nilainya. Berdasarkan SK ketua BAZNAS No. 10 tahun 2022 tentang zakat ditrah dan fidyah untuk wilayah ibukota DKI Jakarta Raya san sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar RP 45000,-/hari/jiwa.

Editor: Orbid.id

Terkini

Makna Logo ASEAN INDONESIA 2023

Kamis, 24 November 2022 | 20:46 WIB

3 Isu Prioritas dalam Pertemuan ASEAN di Tahun 2023

Kamis, 24 November 2022 | 20:19 WIB

Data Aplikasi PeduliLindungi Diretas Hacker Bjorka

Jumat, 18 November 2022 | 14:29 WIB
X