• Kamis, 1 Desember 2022

Peran UMKM Dongkrak Ekonomi Nasional

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:28 WIB
Salah satu contoh usaha yang termasuk kriteria UMKM (Sulut (iNews.id))
Salah satu contoh usaha yang termasuk kriteria UMKM (Sulut (iNews.id))

 

Orbid.id - Pada tanggal 12 Agustus diperingati sebagai hari UMKM nasional bertepatan dengan hari lahirnya bapak koperasi Indonesia , Bung Hatta yang lahir pada tanggal 12 Agustus 1902. Penetapan ini bertujuan untuk menghargai Bung Hatta selaku tokoh utama peletak dasar ekonomi kerakyatan Indonesia.


UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah suatu usaha yang dimiliki secara produktif oleh badan usaha ataupun perorangan dengan memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Memiliki peran penting untuk membangun dan menjalankan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya yang berpenghasilan menengah kebawah.

 

UMKM merupakan hal utama dalam menopang perekonomian, terlebih di masa sekarang susah untuk mencari pekerjaan. Maka UMKM berperan sangat penting untuk mengembangkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Berikut ini contoh usaha yang termasuk ke dalam kriteria UMKM untuk dapat dijalankan oleh masyarakat:


1. Toko kelontong merupakan toko kecil  yang menjual beragam jenis kebutuhan sehari-hari masyarakat dalam kehidupan berumah tangga seperti alat dapur, alat mandi dan sebagainya. Toko ini dapat ditemukan diberbagai daerah karena merupakan salah satu usaha yang mudah dijalankan  dan cepat menghasilkan keuntungan.


2. Kuliner, menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati tanpa batas karena dapat dikonsumsi setiap harinya.  Seperti coffe shop atau cafe lainnya menjadi pilihan orang-orang untuk mengisi kegiatan santai sambil menikmati menu yang disediakan. Selain itu, restoran kecil, rumah makan, dan warung juga dapat dijadikan sebagai usaha dibidang kuliner.


3. souvenir, karya tangan dengan bentuk sederhana dan mudah dibuat juga memiliki nilai jual yang tinggi karena keunikannya bermanfaat sebagai kenang-kenangan atau  cinderamata. Contohnya kerajinan akrilik, jam antik, berbagai jenis perhiasan dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Kurniati.

Tags

Terkini

Makna Logo ASEAN INDONESIA 2023

Kamis, 24 November 2022 | 20:46 WIB

3 Isu Prioritas dalam Pertemuan ASEAN di Tahun 2023

Kamis, 24 November 2022 | 20:19 WIB

Data Aplikasi PeduliLindungi Diretas Hacker Bjorka

Jumat, 18 November 2022 | 14:29 WIB
X