• Kamis, 1 Desember 2022

15 Ide Lomba 17 Agustus Seru dan Menghebohkan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:23 WIB
Ilustrasi Lomba Panjat Pinang memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (Bekasi Kinian)
Ilustrasi Lomba Panjat Pinang memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (Bekasi Kinian)

 

Orbid.id - Pada tanggal 17 Agustus 2022 adalah hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77. Dalam rangka memperingati hari bersejarah ini, seluruh masyarakat ramai mempersiapkan berbagai lomba menarik. Karang taruna dari setiap daerah berperan aktif memeriahkan acara tahunan ini.


Lomba 17 Agustus dapat  menciptakan rasa kebersamaan dan  semangat gotongroyong. Selain itu, bermanfaat pula mengingatkan sejarah perjuangan zaman dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.


Berikut ini contoh lomba 17 Agustus yang populer dan meriah di kalangan masyarakat Indonesia:


1. Panjat pinang adalah lomba populer di kalangan masyarakat, dilakukan dengan memanjat pohon pinang yang telah dipersiapkan hingga menjadi pohon tinggi menjulang, licin dan di taruh berbagai jenis hadiah menarik di atasnya. Lomba ini melambangkan pahitnya  perjuangan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Saat itu Belanda mengadakan lomba panjat pinang dengan hadiah seperti tepung, beras dan pakaian dengan pesertanya orang Indonesia lalu mereka menjadikan ini sebagai bahan hiburan.


2. Makan kerupuk juga merupakan lomba yang selalu ada tiap 17 Agustus. Biasanya diikuti oleh anak-anak dengan memakan kerupuk yang digantung menggunakan tali. Makan kerupuk menggambarkan kesulitan masyarakat Indonesia zaman dahulu dalam mencukupi kebutuhan pangan, saat itu mereka hanya dapat makan nasi dan kerupuk tiap harinya.


3. Balap karung dimainkan dengan cara memasukkan karung kedalam kaki peserta, lalu peserta melompat ke arah garis finish. Makna dari lomba balap karung yaitu memperlihatkan masyarakat Indonesia hanya dapat memakai pakaian sederhana karena tidak mampu membeli pakaian mewah pada masa penjajahan Jepang.


4. Tarik tambang terdiri dari dua kelompok saling tarik menarik tali, dapat dinyatakan menang hingga salah satu tim berhasil menarik tali lalu lawannya terjatuh. Tarik tambang juga mengingatkan para pejuang dahulu yang harus melakukan kerja paksa oleh penjajah Belanda.


5. Bakiak adalah permainan tradisional yang memerlukan kekompakan tiap tim dalam berjalan secara bersama menggunakan bakiak yang dibuat seperti sandal menyatu. Lomba ini merupakan simbol pentingnya kerjasama bagi masyarakat dan negara demi mencapai tujuan bersama.

Halaman:

Editor: Kurniati.

Tags

Terkini

Makna Logo ASEAN INDONESIA 2023

Kamis, 24 November 2022 | 20:46 WIB

3 Isu Prioritas dalam Pertemuan ASEAN di Tahun 2023

Kamis, 24 November 2022 | 20:19 WIB

Data Aplikasi PeduliLindungi Diretas Hacker Bjorka

Jumat, 18 November 2022 | 14:29 WIB
X