• Rabu, 28 September 2022

Ada Cerita di Balik Perlombaan 17 Agustus, dari Makan Kerupuk hingga Balap Karung

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi berbagai perlombaan 17 Agustus  (hipwee)
Ilustrasi berbagai perlombaan 17 Agustus (hipwee)

 

Orbid.id - Perayaan 77 Tahun kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan sangat meriah. Semua kalangan turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Dimulai pada tanggal 17 Agustus dengan pengibaran bendera merah putih secara khidmat, dan disusul dengan kegiatan- kegiatan lomba seru lainnya.


Setiap tahunnya, perlombaan ini sering diselenggarakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Diikuti oleh anak-anak kecil hingga orang dewasa. Jenis lombanya pun sangat beragam, dimulai dari balap karung, makan kerupuk, bakiak, panjat pinang, lomba senam, dan masih banyak lagi.


Perlombaan ini banyak digemari oleh masyarakat hingga tak jarang yang ingin turut serta didalamnya, selain menyenangkan dan seru untuk diikuti ternyata ada cerita dibalik ide kegiatan lomba 17 Agustus ini, lho.


Makan kerupuk
Pada masa ini, kerupuk menjadi makanan pendamping dari makan nasi ataupun makanan lain yang dirasa cocok bila disandingkan dengan kerupuk. Kerupuk juga digemari hampir semua orang.


Di Indonesia, kerupuk sudah menjadi makanan populer sejak tahun 1930-1940. Bahkan peran kerupuk adalah menjadi makanan pokok atau makanan utama pada masa itu.
Hal tersebut terjadi lantaran pada masa-masa itu, terjadi krisis makanan, yang ditambah lagi kondisi Indonesia yang masih dibawah kendali Belanda.


Harga pangan yang melonjak tinggi sehingga rakyat Indonesia tidak mampu menjangkaunya, terutama masyarakat menengah ke bawah. Akhirnya, kerupuk menjadi pilihan utama sebagai makanan utama karena hanya itu yang mampu dijangkau agar dapat bertahan hidup.


Hingga akhirnya, makan kerupuk menjadi salah satu jenis lomba pada 17 Agustus untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia terdahulu, sekaligus untuk memunculkan rasa menghargai terhadap jenis makanan apapun yang ada.


Balap Karung
Lomba balap karung termasuk salah satu lomba terpopuler setelah lomba makan kerupuk. Hampir setiap kegiatan 17 Agustus mengadakan lomba balap karung, biasanya para peserta lomba akan memakai karung goni di kaki mereka, lalu mereka akan berusaha lari dan melompat untuk mencapai garis finis.

Halaman:

Editor: Rahma Yuniarsih

Tags

Terkini

Shrinkflation Sebagai Strategi Hadapi Inflasi

Kamis, 8 September 2022 | 23:24 WIB

Pentingnya Keberadaan Ladies Parking

Minggu, 4 September 2022 | 23:55 WIB

77 Tahun PMI, Berikut Sejarah Berdirinya PMI

Sabtu, 3 September 2022 | 20:13 WIB

Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:36 WIB
X