• Rabu, 28 September 2022

Pemerintah Resmi Naikan Harga BBM, Berikut Rincian Harganya

- Sabtu, 3 September 2022 | 17:52 WIB
BBM, SPBU, pertalite (dok Petamina)
BBM, SPBU, pertalite (dok Petamina)

Orbid.id - Isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa hari terakhir yang bahkan sempat didemo Mahasiswa, tampaknya bukan isapan jempol belaka, nyatanya pemerintah benar-benar menaikan harga BBM.

Pengumuman ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam konferensi pers, Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi turut didampingi oleh sejumlah menteri, seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN, tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM Tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 Triliun Rupiah dan itu akan meningkat terus," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Warga Temukan Gajah Mati dengan Kondisi Kulit Mengelupas

Jokowi mengaku bahwa penyesuaian harga BBM adalah keputusan terberat pemerintah terlebih di situasi yang sedang sulit saat ini.

“Dan saat ini Pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan penyesuaian harga BBM dilakukan pemerintah untuk mengalihkan subsidi agar lebih tepat sasaran.

"Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi. Mestinya uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu," sebutnya.

Baca Juga: Pertamina Berhasil Temukan Gas dan Kondensat di Musi Banyuasin

Halaman:

Editor: Maskun Sopwan

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Shrinkflation Sebagai Strategi Hadapi Inflasi

Kamis, 8 September 2022 | 23:24 WIB

Pentingnya Keberadaan Ladies Parking

Minggu, 4 September 2022 | 23:55 WIB

77 Tahun PMI, Berikut Sejarah Berdirinya PMI

Sabtu, 3 September 2022 | 20:13 WIB

Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:36 WIB
X