• Rabu, 28 September 2022

Pentingnya Keberadaan Ladies Parking

- Minggu, 4 September 2022 | 23:55 WIB
Salah satu contoh wilayah Ledies Parking atau parkir khusus wanita (Hipwee)
Salah satu contoh wilayah Ledies Parking atau parkir khusus wanita (Hipwee)

 

Orbid.id - Baru-baru ini pembahasan Ladies Parking atau parkir khusus perempuan menjadi perbincangan oleh netizen karena salah satu materi yang dibawakan oleh seorang komika tentang parkir khusus wanita.


Ia mengatakan bahwa ada dua parkir khusus, yaitu parkir khusus wanita dan parkir khusus difabel. Materinya yang seksis-misoginis: menyamakan perempuan dengan difabel dalam urusan parkir ini menyinggung beberapa kaum feminis.


Keberadaan parkir khusus wanita bukanlah tanpa alasan yang tidak jelas. Melainkan ada sejarah dalam terciptanya Ladies Parking.


Pada awalnya parkir khusus wanita ini ada pertama kali di Jerman, sekitar tahun 1990-an dengan tujuan utama adalah untuk keselamatan wanita.
Para wanita merasa berisiko untuk mendapat serangan seksual ditempat parkir bawah tanah.

Akhirnya pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi resiko tersebut dengan parkir khusus wanita, hingga parkir khusus ini diperkenalkan dan diterapkan dibeberapa daerah.


Parkir khusus ini sudah ada dibeberapa negara selain Jerman. Ruang aman ini dipergunakan untuk menekan potensi kekerasan yang kerap terjadi ditempat parkir yang sepi dan gelap. Beberapa negara yang telah menerapkan parkir khusus wanita ada China, Austria, Swiss, dan Korea Selatan.


Itu adalah alasan bahwa pemenuhan ruang aman bagi wanita dan gender minoritas bukanlah hak istimewa. Melainkan upaya minimum yang bisa dilakukan untuk memperkecil kejadian buruk yang terjadi.


Di Indonesia, parkir khusus wanita sudah mulai diterapkan pada fasilitas publik, umumnya di pusat perbelanjaan. Tujuan lainnya adalah untuk memudahkan wanita dalam memarkir kendaraannya. Sebab parkir khusus wanita ini hanya diperuntukkan untuk dua kendaraan saja, sehingga menjadi lebih luas daripada parkir mobil yang biasa.

Halaman:

Editor: Kurniati.

Tags

Terkini

Shrinkflation Sebagai Strategi Hadapi Inflasi

Kamis, 8 September 2022 | 23:24 WIB

Pentingnya Keberadaan Ladies Parking

Minggu, 4 September 2022 | 23:55 WIB

77 Tahun PMI, Berikut Sejarah Berdirinya PMI

Sabtu, 3 September 2022 | 20:13 WIB

Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:36 WIB
X