• Rabu, 28 September 2022

Shrinkflation Sebagai Strategi Hadapi Inflasi

- Kamis, 8 September 2022 | 23:24 WIB
Shrinkflation, strategi menghadapi inflasi dengan mengurangi ukuran produk namun tetap harga semula (Smol Id)
Shrinkflation, strategi menghadapi inflasi dengan mengurangi ukuran produk namun tetap harga semula (Smol Id)

 

Orbid.id - Tahun 2022, sejumlah harga barang pangan dan kebutuhan komoditi lainnya mengalami kenaikan harga. Dimulai dari minyak goreng, BBM (Bahan Bakar Minyak), hingga telur. Jumlah kenaikan harga pada barang-barang tersebut menjadikan masyarakat Indonesia merasa sangat keberatan.


Fenomena ini disebut dengan inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka  waktu tertentu. Inflasi yang berlangsung ini membuat beberapa produsen melakukan cara penyusutan ukuran produknya atau disebut dengan shrinkflation.


Shrinkflation adalah praktik penyusutan atau mengurangi ukuran suatu produk dengan tetap mempertahankan harga semula. Hal ini sering ditemukan dibidang makanan dan minuman.

Dalam melakukan strategi shrinkflation, perusahaan cenderung melakukannya secara diam-diam untuk meningkatkan margin atau keuntungan produsen.

Shrinkflation juga digunakan sebagai strategi dalam mempertahankan kinerja perusahaan dan mengurangi risiko kenaikan biaya produksi akibat inflasi.


Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, dalam lamannya disebutkan bahwa tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Juli) 2022 sebesar 3,85 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Juli 2022 terhadap Juli 2021) sebesar 4,94 persen.


Istilah shrinkflation ini dicetuskan oleh ekonom Inggris, Pippa Malmgren. Malmgren juga bisa dikategorikan sebagai orang yang bertanggung jawab atas kemunculan istilah tersebut.

Shrinkflation bisa dikatakan sebagai inflasi tersembunyi. Karena perusahaan sadar bahwa konsumen akan melihat kenaikan harga produk, untuk itu dilakukanlah pengurangan ukuran produk.

Halaman:

Editor: Kurniati.

Tags

Terkini

Shrinkflation Sebagai Strategi Hadapi Inflasi

Kamis, 8 September 2022 | 23:24 WIB

Pentingnya Keberadaan Ladies Parking

Minggu, 4 September 2022 | 23:55 WIB

77 Tahun PMI, Berikut Sejarah Berdirinya PMI

Sabtu, 3 September 2022 | 20:13 WIB

Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:36 WIB
X