Indonesia Buka Peluang Bisnis untuk Pembisnis Negara Selandia Baru

- Jumat, 18 November 2022 | 14:36 WIB
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Selandia Baru Jacinda Ardern di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat pagi, 18 November 2022. (BPMI Setpres/Laily Rachev/CoverBothSide.com)
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Selandia Baru Jacinda Ardern di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat pagi, 18 November 2022. (BPMI Setpres/Laily Rachev/CoverBothSide.com)

Orbid.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, dengan tujuan melakukan hubungan bilateral antar dua negara tersebut, bertempat di hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat pagi 18 November 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi membahas tiga isu utama yaitu penguatan kerja sama ekonomi, kerja sama transisi energi, dan penguatan kerja sama di kawasan Pasifik.

Baca Juga: Data Aplikasi PeduliLindungi Diretas Hacker Bjorka

"Kita perlu dorong akses pasar bagi perdagangan kedua negara khususnya pada komoditas pertanian, mineral, besi dan baja, dan plastik serta kerja sama bidang pertanian dan sertifikasi halal," ujar Jokowi, dikutip dari setneg.go.id, Jumat, (18/11).

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa, Indonesia mendorong para pembisnis di negara Selandia untuk berkerjasama dalam transisi energi.

Baca Juga: Film Ashiap Man yang Diperankan Atta dan Aurel Sudah Bisa Ditonton Melalui Prime Video, Berikut Sinopsisnya

"Saya mengundang pebisnis Selandia Baru untuk investasi pada pengembangan energi panas bumi di Indonesia," kata Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia berkomitmen untuk mendorong kerja sama pembangunan di Pasifik. Untuk itu, tahun depan, Indonesia akan mendorong engagement negara Pasifik dengan ASEAN.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Jengkol Untuk Tubuh

Halaman:

Editor: Kurnia Sandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fajar Eksis di TV, Deddy Corbuzier: Mana KPI ?

Rabu, 18 Januari 2023 | 19:26 WIB

Pemerintah Cabut Aturan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 21:29 WIB

Kantor Kemendagri Terbakar

Kamis, 15 Desember 2022 | 20:21 WIB
X