Lindungi Dirimu saat Terjadi Bencana Gempa Bumi, Begini Caranya!

- Sabtu, 26 November 2022 | 20:56 WIB
Ketika terjadi gempa kita perlu melindungi diri dengan beberapa cara ini agar dapat menjaga keselamatan apabila gempa tiba-tiba datang. (Alinea)
Ketika terjadi gempa kita perlu melindungi diri dengan beberapa cara ini agar dapat menjaga keselamatan apabila gempa tiba-tiba datang. (Alinea)

 

Orbid.id - Gempa bumi adalah sebuah bencana yang membuat bumi bergetar disebabkan terjadi pelepasan energi yang besar dari dalam secara tiba-tiba. Gempa yang berpusat di dasar laut dapat menyebabkan terjadinya bencana tsunami.


Gempa bumi bisa datang kapan saja dan dimanapun tanpa kita ketahui, termasuk Indonesia. Maka dari itu perlu kita ketahui bagaimana cara menjaga diri agar disaat gempa datang kita bisa melindungi keselamatan diri kita dan orang lain.

Ini dia kiat-kiat  menjaga diri dari resiko tertimpa benda saat terjadinya gempa bumi:

- Bersikap tenang dan tidak panik, apalagi lari terburu-buru. Saat gempa tiba-tiba datang, terkadang kebanyakan orang langsung merasa panik dan bingung. Hal ini dapat membahayakan keselamatan diri, oleh sebab itu harus berusaha tetap tenang agar bisa berpikir secara jernih untuk melakukan tindakan menjaga keamanan diri.

- Matikan aliran listrik atau sumber api. Jika kamu sedang menggunakan listrik untuk mengisi baterai handphone atau pun sedang memasak dan hal lain yang berkaitan dengan api atau listrik disarankan untuk segera mematikannya agar terhindar dari kebakaran yang akan terjadi disaat datangnya gempa.

- Berlindung di bawah meja yang kokoh, hal ini dilakukan agar kita mampu menghindari reruntuhan barang-barang di sekitar akibat guncangan dari gempa.

- Berusaha menjauh dari tiang, pohon atau bangunan yang berpotensi rubuh. Pergilah ke tempat terbuka dan luas agar aman dari berbagai benda yang mungkin roboh

- Melinduli kepala dengan helm atau bantal. Kepala adalah bagian penting dari tubuh yang harus kita jaga karena saat gempa banyak barang seperti genteng atau pecahan material lainnya yang dapat menimpa diri kita. Maka dari itu kita perlu menjaganya dengan melindungi kepala menggunakan helm atau bantal agar mampu menangkal benda yang pecah dan mungkin menimpa.

- Jika sedang berada di gedung, hindari menggunakan lift. Lift dapat mengakibatkan kamu terjebak saat terjadi gempa. Apabila saat terjadi gempa kamu sudah terlanjur menggunakan lift maka sebaiknya cepat tekan tombol darurat agar petugas keamanan segera membantu.

- Rebahkan diri ke tanah atau lantai. Jika saat terjadi gempa kamu merasa sulit untuk keluar dari suatu ruangan maka jangan merasa panik. Kamu bisa menjatuhkan diri ke lantai dengan menggunakan alat sebagai pelindung kepala agar saat terjadi getaran yang ditimbulkan dari gempa kamu tidak roboh oleh getaran tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keselamatan diri apabila terjadi gempa bumi. Semoga bermanfaat!

Editor: Kurniati.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fajar Eksis di TV, Deddy Corbuzier: Mana KPI ?

Rabu, 18 Januari 2023 | 19:26 WIB

Pemerintah Cabut Aturan PPKM

Jumat, 30 Desember 2022 | 21:29 WIB

Kantor Kemendagri Terbakar

Kamis, 15 Desember 2022 | 20:21 WIB
X